Lebaran hari ke empat…
Pagi2 Indry SMS :”Asw. Woy, sarine kan jadi ke tanjong tinggi teq ke kite?”
Saya balas : ” Dak ade kabar dari biak2 sama sekali. Ade acara IKPB Jakarta, aku dapat undangannye, aku dak ade mutor pulaan..tapi amun banyak noq pegi, insya Allah aku ikut.”
Indry balas : ” Iye Af, kamek insyaallah mual jadi pegi, kao ikut kan? Kamek jak sebenarnye ade acara di ikpb jakarta, tapi biak2 teq naq pegi ke tanjongtinggi…”
Saya balas lagi :”kumpul dimane? Jam berape?”
Indry balas :”jam sembilan di rumah Virda..”
Kosakata :
Sarine : hari ini
Biak-biak : orang-orang
Noq : yang
Mual : Iya….(beda dengan bahasa sunda..Moal artinya tidak…)
Ikpb : Ikatan Keluarga Pelajar Belitung
FYI, Tanjong Tinggi merupakan pantai yang cukup terkenal karena keindahannya, batu2 granitnya, airnya yang jernih dan biasa dijadikan objek wisata…terletak di kecamatan Sijuk…(20-an km dari Tanjungpandan…)

Saya sampai di rumah Riska, karena Indry tiba2 SMS klo kumpulnya di rumah Riska..Cuaca lagi2 tidak mendukung…dah mendung tebal..baru sampai tanjongpendam (1 km dari kota) sudah hujan..tapi kami tetap menerobos hujan..sampai di Desa Batu Itam ( 6 km) hujan dah terlalu deras, sehingga kami memutuskan untuk berhenti..40 menit kemudian hujan sudah reda…perjalanan dilanjutkan..sampai di desa Terong (14-15 km) hujan deras kembali…sehingga kami berhenti di SD 27 Terong….setelah itu cuaca sangat panas…(ekstrim…)..perjalanan dilanjutkan melewati desa-desa…akhirnya sampai juga di desa Keciput(desa tempat pantai tanjong tinggi berada…)
1 km sebelum sampai ada palang..sempet kaget, karena tidak biasanya ada palang…ternyata ada tiket masuknya..(Rp 10.000 per orang…)..setelah membayar, kami cukup dongkol karena tahun lalu ke Tanjong Tinggi gratiiis!!..saya ulangi lagi GRATIS!!!..di tiket tertulis :”Kepuasan Anda Menikmati Pantai”…pengen saya bales :”ketidakpuasan saya terhadap isi dompet..”..100 meter dari pantai tiba2 ada palang lagi…kali ini kendaraan bermotor bayar Rp 3.000 per kendaraan….(Bener2 dongkol luar biasa…)…akhirnya sampai juga di Pantai Tanjong Tinggi….
Seneeeng banget…tahun lalu sama sekali ga kemana2…tapi tahun ini akhirnya bisa ke Tanjong Tinggi juga..disini tempat syuting laskar pelangi, video klip Nidji dan juga pernah dijadikan tempat syuting iklan sabun Lux Dian Sastro…
Ciri khas pantai ini adalah batu2 granit besar yang memang dah ada dari sononya (ga ada yang ngangkat)…pasirnya putih…ga kalah deh sama Pantai2 yang ada di Bali…airnya bening biru…yang dekat pantai berwarna kehijauan dan terlihat beberapa batu karang di bawahnya…
Laut
Laut
Saya dan teman2 langsung mengabadikan dengan foto2…
Dan saya sempet2nya SMS ke seorang teman yang pengeeeeeen banget ke pantai..siapakah dia??…he he he…
Agak siang, kami duduk2 di antara batu2 granit tersebut..sambil makan kacang dan minum…klo kulit kacangnya langsung dibuang ke pasir karena bisa diuraikan alam…kaleng minuman dibawa terlebih dahulu…
Hujan mulai turun kembali..kami menuju rumah makan…kami memesan
Ikan Bakar Bumbu

, gangan kepala ikan merah (Masakan khas Belitung..terbuat dari ikan dan nanas….. dan diberi bumbu yang khas(ga tau apa aja…yang pasti sih ada kunyit karena berwarna kuning)
Gangan
Gangan
Tumis Kangkung sebagai sayurannya.

..saya sih pengen makan seafood yang lain kyk udang, cumi atau kepiting…sayang teman yang mesen bersama saya alergi parah…(klo dia makan udang, cumi atau kepiting bukan gatal2 lagi..tapi sampe dadanya sesak, jantungnya sakit…berbahaya…)…
Pulang lewat pantai Pendaunan, Sijuk, Aik Selumar, Aik Seru, Aik Merbau, Aik Ketekok..,,,(ga jauh beda dengan di Jawa Barat…daerah2 kebanyakan pakai kata ”Ci”…sedangkan Belitong banyak daerah menggunakan ”Aik”..artinya sama…AIR)…
Setelah sampai di Tanjungpandan, saya meneruskan perjalanan menuju Air Raya (baca : Aik Raya’)…karena saya harus mempersiapkan acara malam harinya…akan ada acara halal bihalal mahasiswa dan alumni IKPB Cabang Bogor..(IPB, Pakuan, Djuanda, Nusa bangsa..dll) di Belitung…